Kurikulum

Analisis SKL – KI –KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi

PETUNJUK PENGISIAN:

1.       Cermatilah dalam satu pembelajaran (PB) dan temukanlah domain sikap, pengetahuan dan keterampilan
2.       Identifikasilah pada setiap Pembelajaran dalam Subtema yang mengandung domain sikap, pengetahuan dan keterampilan.
3.       Temukanlah keterkaitan antara SKL, KI dan KD dalam satu pembelajaran tersebut.
4.       Cermati contoh di bawah ini, dan lengkapi kolom yang sudah disiapkan yang belum diisi dengan analisis keterkaitan SKL, KI dan KD.

KELAS                     :  VI ( enam )
TEMA                     : 1. Selamatkan Makhluk Hidup
SUBTEMA             :  1.3.Lestarikan Hewan dan Tumbuhan
PEMBELAJARAN   :  1 (Satu)

DOMAIN
SKL
KI
KD
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI DAN KD
SIKAP
Memiliki perilaku yang mencermin kan sikap orang  beriman,berakhlak mulia,  berilmu, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain




1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.


B.Indonesia
1.1 Meresapi makna  anu- gerah Tuhan Yang Maha Esa berupa Bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk  memper- oleh ilmu pengetahuan.
IPA
1.1 Bertambah keimanannya
dengan menyadari hubung- an keteraturan dan komplek- sitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang mencip-
takannya,serta mewujud- kannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianut- nya.
(Indikator tidak ada)
Matematika
1.1.1 Membiasakan diri menyayangi makhluk ciptaan Tuhan sebagai wujud keimanan
Bahasa Indonesia
1.1.1 Membiasakan diri bertutur kata yang benar sebagai wujud syukur mendapat anugerah bahasa Indonesia


IPA
1.1.1 Menunjukkan sikap keimanan dengan menyebutkan keberagaman mahluk hidup sebagai bukti keagungan Tuhan.
• Belum ada Indikator maka dibuatkan indikator yang sesuai dengan SKL,KI, dan KD pada masing-masing pelajaran
• Indikator harus selaras dengan sub tema dan mencerminkan domain sikap spiritual




2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta
cinta tanah air.
Matematika
2.1 Menunjukkan perilaku
bertanggung jawab dan rela
berkorban dalam keluarga,
sekolah, dan lingkungan
sebagai perwujudan nilai
dan moral Pancasila.
B.Indonesia
2.1 Memiliki kepedulian dan
tanggung jawab tentang
ciri khusus makhluk hidup
dan lingkungan melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia.
IPA
2.1 Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti;
cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka;
dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
Matematika
2.1.1 Bertanggungjawab terhadap tugas yang sudah diberikan sebagai wujud pengamalan Pancasila


Bahasa Indonesia
2.1.1 Peduli terhadap kelestarian hewan dan tumbuhan dengan mengkomunikasikannnya pada lingkungan sekitar.

IPA
2.1.1 Teliti dalam menyebutkan ciri khusus makhluk hidup sesuai dengan tempat tinggalnya
• Belum ada Indikator maka dibuatkan indikator yang sesuai dengan SKL,KI, dan KD pada masing-masing pelajaran
• Indikator harus selaras dengan sub tema dan mencerminkan domain sikap sosial
PENGETAHUAN
Memiliki pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu  pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain.
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,
menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan di tempat bermain.
Matematika
3.1 Memahami operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran,desimal, dan persen).


3.2 Memahami perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai


B.Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan deng- an bantuan guru dan Teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
IPA
3.6 Mendeskrisikan Perkem- bangbiakan makhluk hidup.
Matematika
3.1.1 Menemukan operasi hitung yang melibatkan pecahan.




3.2.1 Memecahkan masalah yang melibatkan perban- dingan senilai.


B.Indonesia
3.1.1 Menemukan informasi
tentang peranan hewan dan
tumbuhan bagi kehidupan
di lingkungan sekitar.





IPA
3.6.1 Mendeskripsikan
perkembangbiakan satu
jenis tumbuhan.


• Pada Indikator 3.1.1 perlu diperjelas agar lebih operasional dengan menambahkan kata hasil menjadi 3.1.1 Menemukan hasil operasi hitung yang melibatkan pecahan.
• Sudah terkait dengan benar





• Indikator 3.1.1 masih belum spesifik sehingga perlu perbaikan menjadi 3.1.1 Menemukan kalimat tentang peranan hewan dan tumbuhan bagi lingkungan dalam sebuah wacana.



• Indikator 3.6.1 masih perlu perbaikan agar terlihat lebih operasional menjadi 3.6.1 Menuliskan tahap-tahap perkembangbiakan satu jenis tumbuhan melalui kegiatan mengamati.



KETERAMPILAN
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang  produktif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang ditugaskan kepadanya
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas,
sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, serta dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
Matematika
4.1 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan Masa- lah nyata sehari-hari yang
berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang dan data, serta memeriksa kebenaran jawabannya.





B.Indonesia
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
IPA
4.4 Mengikuti prosedur
perkembangbiakan tum-buhan dan melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan.
Matematika
4.1.1.Membuat soal cerita dan menemukan strategi yang efektif dalam memecahkan masalah
yang berkaitan dengan operasi hitung perbandingan dan pecahan.









Bahasa Indonesia
4.1.1 Melaporkan hasil
perkembangbiakan tanaman.







IPA
4.4.1 Mengamati dan menuliskan
perkembangbiakan satu
jenis tumbuhan dalam
bentuk laporan.

• Pada indikator 4.1.1 dibuat  menjadi 2 indikator karena terdapat dua pencapaian hasil menjadi :
4.1.1  Terampil membuat soal cerita yang berkaitan dengan perbandingan dan pecahan
4.1.2  Terampil membuat model matematika sederhana  dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung perbandingan dan pecahan.



• Indikator 4.1.1 masih belum spesifik sehingga perlu perbaikan menjadi 4.1.1 Terampil menyampaikan laporan secara lisan hasil perkembangbiakan tanaman berdasarkan pengamatan.




Indikator 4.4.1 perlu diperbaiki agar lebih lebih terlihat dalam satu kegiatan utuh menjadi 4.4.1 Terampil menyusun laporan tertulis tentang perkembangbiakan satu jenis tumbuhan berdasarkan pengamatan





Text Box: R-1.4 


Rubrik Analisis keterkaitan  SKL, KI dan KD

Rubrik   ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil  kerja menganalisis  keterkaitan KI dan KD dengan  indikator pencapaian kompetensi   dan materi pembelajaran  sesuai lembar kerja yang tersedia. 

Langkah-langkah penilaian hasil analisis:
1.    Cermati   tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK -1.4!
2.    Berikan nilai pada hasil analisis  sesuai dengan penilaian Anda terhadap  hasil kerja peserta  sesuai rubrik berikut!

PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Sangat Baik  ( SB)
90 < SB ≤ 100
1.       Identitas:  kelas, tema, subtema, pembelajaran lengkap dan benar
2.       SKL, KI dan KD lengkap dan benar
3.       Perumusan indikator sesuai dengan KI dan kD
4.       Analisis keterkaitan SKL, KI dan KD tepat
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Ada 3 aspek sesuai dengan kriteria
Cukup (C)
70 < C  ≤ 80
 Ada 2  aspek sesuai dengan kriteria
Kurang (K)
≤ 70
 Ada 1  aspek sesuai dengan kriteria

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MINDSET SEKOLAH BERMAKNA BAGI ANAK

Apa yang harus siswa siapkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan Memiliki Kompetensi pada dimensi sikap Bertakwa ...