Analisis SKL – KI –KD dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
PETUNJUK
PENGISIAN:
1.
Cermatilah dalam satu
pembelajaran (PB) dan temukanlah domain sikap, pengetahuan dan keterampilan
2.
Identifikasilah pada setiap
Pembelajaran dalam Subtema yang mengandung domain sikap, pengetahuan dan
keterampilan.
3.
Temukanlah keterkaitan antara
SKL, KI dan KD dalam satu pembelajaran tersebut.
4.
Cermati contoh di bawah ini, dan
lengkapi kolom yang sudah disiapkan yang belum diisi dengan analisis
keterkaitan SKL, KI dan KD.
KELAS : VI ( enam )
|
TEMA : 1. Selamatkan Makhluk Hidup
|
SUBTEMA : 1.3.Lestarikan Hewan dan Tumbuhan
|
PEMBELAJARAN : 1 (Satu)
|
DOMAIN
|
SKL
|
KI
|
KD
|
ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI DAN KD
|
|
SIKAP
|
Memiliki perilaku yang mencermin
kan sikap orang beriman,berakhlak
mulia, berilmu, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam di lingkungan
rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
1.
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
B.Indonesia
1.1 Meresapi makna anu- gerah Tuhan Yang Maha Esa berupa Bahasa
Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain
untuk memper- oleh ilmu pengetahuan.
IPA
1.1 Bertambah
keimanannya
dengan menyadari hubung-
an keteraturan dan komplek- sitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan Yang Maha Esa yang mencip-
takannya,serta mewujud-
kannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianut- nya.
|
(Indikator
tidak ada)
Matematika
1.1.1 Membiasakan
diri menyayangi makhluk ciptaan Tuhan sebagai wujud keimanan
Bahasa Indonesia
1.1.1
Membiasakan diri bertutur kata yang benar sebagai wujud syukur mendapat
anugerah bahasa Indonesia
IPA
1.1.1 Menunjukkan
sikap keimanan dengan menyebutkan keberagaman mahluk hidup sebagai bukti
keagungan Tuhan.
|
• Belum ada
Indikator maka dibuatkan indikator yang sesuai dengan SKL,KI, dan KD pada
masing-masing pelajaran
• Indikator
harus selaras dengan sub tema dan mencerminkan domain sikap spiritual
|
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta
cinta
tanah air.
|
Matematika
2.1 Menunjukkan perilaku
bertanggung jawab dan rela
berkorban dalam keluarga,
sekolah, dan lingkungan
sebagai perwujudan nilai
dan
moral Pancasila.
B.Indonesia
2.1 Memiliki kepedulian dan
tanggung jawab tentang
ciri khusus makhluk hidup
dan lingkungan melalui
pemanfaatan bahasa
Indonesia.
IPA
2.1 Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti;
cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka;
dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah
dan berdiskusi.
|
Matematika
2.1.1
Bertanggungjawab terhadap tugas yang sudah diberikan sebagai wujud pengamalan
Pancasila
Bahasa Indonesia
2.1.1
Peduli terhadap kelestarian hewan dan tumbuhan dengan mengkomunikasikannnya
pada lingkungan sekitar.
IPA
2.1.1
Teliti dalam menyebutkan ciri khusus makhluk hidup sesuai dengan tempat
tinggalnya
|
• Belum ada
Indikator maka dibuatkan indikator yang sesuai dengan SKL,KI, dan KD pada
masing-masing pelajaran
• Indikator
harus selaras dengan sub tema dan mencerminkan domain sikap sosial
|
||
PENGETAHUAN
|
Memiliki pengetahuan faktual dan
konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, dan budaya dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian di lingkungan rumah, sekolah, dan
tempat bermain.
|
3. Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati,
menanya, dan mencoba berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah
dan di tempat bermain.
|
Matematika
3.1 Memahami operasi hitung yang melibatkan
berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran,desimal, dan persen).
3.2 Memahami perbandingan senilai
dan perbandingan berbalik nilai
B.Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan
investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran
dan larutan deng- an bantuan guru dan Teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
IPA
3.6 Mendeskrisikan Perkem- bangbiakan
makhluk hidup.
|
Matematika
3.1.1 Menemukan operasi hitung yang
melibatkan pecahan.
3.2.1 Memecahkan masalah yang
melibatkan perban- dingan senilai.
B.Indonesia
3.1.1 Menemukan informasi
tentang peranan hewan dan
tumbuhan bagi kehidupan
di lingkungan sekitar.
IPA
3.6.1 Mendeskripsikan
perkembangbiakan satu
jenis tumbuhan.
|
• Pada
Indikator 3.1.1 perlu diperjelas agar lebih operasional dengan menambahkan
kata hasil menjadi 3.1.1 Menemukan
hasil operasi hitung yang melibatkan pecahan.
• Sudah
terkait dengan benar
• Indikator
3.1.1 masih belum spesifik sehingga perlu perbaikan menjadi 3.1.1 Menemukan
kalimat tentang peranan hewan dan tumbuhan bagi lingkungan dalam sebuah
wacana.
• Indikator
3.6.1 masih perlu perbaikan agar terlihat lebih operasional menjadi 3.6.1
Menuliskan tahap-tahap perkembangbiakan satu jenis tumbuhan melalui kegiatan
mengamati.
|
KETERAMPILAN
|
Memiliki kemampuan pikir dan tindak
yang produktif dan kreatif dalam ranah
abstrak dan konkret sesuai dengan yang ditugaskan kepadanya
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang jelas,
sistematis, logis, dan kritis dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, serta dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku
anak
beriman dan berakhlak mulia.
|
Matematika
4.1 Merumuskan dengan kalimat sendiri,
membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan Masa-
lah nyata sehari-hari yang
berkaitan dengan operasi hitung, bangun
ruang dan data, serta memeriksa kebenaran jawabannya.
B.Indonesia
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan
teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan,
serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosa kata baku.
IPA
4.4 Mengikuti prosedur
perkembangbiakan tum-buhan dan
melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan.
|
Matematika
4.1.1.Membuat soal
cerita dan menemukan strategi yang efektif dalam memecahkan masalah
yang berkaitan dengan
operasi hitung perbandingan dan pecahan.
Bahasa
Indonesia
4.1.1 Melaporkan hasil
perkembangbiakan tanaman.
IPA
4.4.1 Mengamati dan
menuliskan
perkembangbiakan satu
jenis tumbuhan dalam
bentuk
laporan.
|
• Pada indikator 4.1.1 dibuat menjadi 2 indikator karena terdapat dua
pencapaian hasil menjadi :
4.1.1 Terampil
membuat soal cerita yang berkaitan dengan perbandingan dan pecahan
4.1.2 Terampil
membuat model matematika sederhana dalam memecahkan masalah yang berkaitan
dengan operasi hitung perbandingan dan pecahan.
• Indikator
4.1.1 masih belum spesifik sehingga perlu perbaikan menjadi 4.1.1 Terampil
menyampaikan laporan secara lisan hasil perkembangbiakan tanaman berdasarkan pengamatan.
• Indikator 4.4.1 perlu
diperbaiki agar lebih lebih terlihat dalam satu kegiatan utuh menjadi 4.4.1
Terampil menyusun laporan tertulis tentang perkembangbiakan satu jenis
tumbuhan berdasarkan pengamatan
|
Rubrik Analisis keterkaitan SKL,
KI dan KD
Rubrik ini digunakan fasilitator untuk
menilai hasil kerja menganalisis keterkaitan KI dan
KD
dengan indikator pencapaian
kompetensi dan materi pembelajaran sesuai lembar kerja yang tersedia.
Langkah-langkah penilaian
hasil analisis:
1.
Cermati tugas yang diberikan
kepada peserta pelatihan pada LK -1.4!
2.
Berikan nilai pada hasil analisis sesuai dengan penilaian Anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Sangat Baik ( SB)
|
1.
Identitas:
kelas, tema, subtema, pembelajaran lengkap
dan benar
2.
SKL, KI dan
KD lengkap dan benar
3.
Perumusan
indikator sesuai dengan KI dan kD
4.
Analisis
keterkaitan SKL, KI dan KD tepat
|
|
Baik (B)
|
80 < B ≤ 90
|
Ada 3 aspek
sesuai dengan kriteria
|
Cukup (C)
|
70 < C ≤ 80
|
Ada 2
aspek sesuai dengan kriteria
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
Ada 1
aspek sesuai dengan kriteria
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar