Makalah

EKSTRAKURIKULER LANGKAH TEPAT UNTUK BERPRESTASI
MAKALAH

KATA PENGANTAR

Bismillahirahmaaniraahim
Segala puji bagi Allah Swt yang telah melimpahkan karunianya kepada kita semua, shalawat dan salam semuga disampaikan kepada Nabi Muhammad Saw, keluarganya, sahabatnya, dan kita semua umatnya.
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas dari guru mata pelajaran Bahasa Indonesia guna menghadapi ujian nasional.
Makalah ini dapat diselesaikan berkat adanya bantuan dari berbagai pihak oleh karena itu ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya penulis sampaikan atas kerelaannya memberikan bantuan dan masukan kepada penulis. Terutama sekali pada :
1.      Bapak M. Iqbal, S.Pd selaku kepala SMPN 4 Sukaresmi,
2.      Bapak Maman Munawar, S.Pd selaku Sie Kurikulum SMPN 4 Sukaresmi
3.      Bapak Suryana selaku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia,
4.      Semua dewan guru SMPN 4 Sukaresmi
5.      Rekan-rekan seangkatan
Akhirnya semoga makalah ini bermanfaat khususnya bagi penulis umumnya untuk kita semua. Amin.


Sukaresmi, 2012
Penulis
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ………………………………………………………………………………...   i
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………………….  ii
BAB I PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah ………………………………………………………………….......  1
B.      Permasalahan ……………………………………………………………………………… 
C.      Tujuan Penulisan ……………………………………………………………………………..
D.     Manfaat Penulisan …………………………………………………………………………..
BAB II DASAR TEORI
A.      Ekstrakurikuer ………………………………………………………………………………..
B.      Prestasi ………………………………………………………………………………………
BAB III PEMBAHASAN
A.      Proses Belajar Mengajar Ekstrakurikuler ………………………………………..

B.      Jenis Kegiatan Ekstrakurikuler …………………………………………………………

C.       Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler  Terhadap Prestasi ……………...

BAB IV PENUTUP
A.      Kesimpulan ……………………………………………………………………………………
B.      Saran …………………………………………………………………………………………
Daftar pustaka






BAB I
PENDAHULUAN

A.     LATAR BELAKANG MASALAH
Setiap siswa ingin memiliki prestasi dalam belajar, baik itu dalam pelajaran maupun dalam segi perlombaan. Tetapi tidak semua orang memiliki kesempatan untuk itu terutama bagi yang kurang memiliki kemampuan dalam belajar maupun dalam keahlian lain seperti, voly ball, tenis meja, catur, sepak bola, bulu tangkis, basket, pidato, mengarang. Apalagi dibatasi dengan kegiatan belajar yang terbatas.
Salah satu cara yang dapat digunakan untuk dapat mengasah talenta dan kemampuan seperti yang disebutkan di atas adalah dengan mengadakan atau mengikuti kegiatan ekstra kurikuler.
Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan di luar jam pelajaran yang memungkinkan siswa untuk lebih leluasa mengembangkan keterampilan dalam bersosialisasi terhadap lingkungan sekolahnya yang berdampak pada peningkatan kemampuan dan keahlian siswa. Kegiatan tersebut seolah-olah menyediakan lahan baru bagi siswa untuk lebih menunjukan pribadinya, terutama dalam hal olah raga mereka dengan individu lainnya. Sebagaimana yang dilaksanakan oleh pihak guru di SMP Negeri 4 Sukaresmi Kabupaten Pandeglang setiap hari Jum’at, selasa, dan sabtu sore mengadakan kegiatan tersebut yang diikuti oleh seluruh siswa, bertujuan untuk membina dan mengembangkan pengamalan dan kemampuan bertanding, terutama sekali dalam rangka menghadapi event-event kejuaraan tingkat rayon ataupun Kabupaten.
Berdasarkan uraian di atas penulis merasa tertarik untuk membuat makalah yang diberi judul “Ekstrakurikuler Langkah Tepat Untuk Berprestasi”

B.   PERUMUSAN MASALAH
penelitian ini akan dirumuskan beberapa permasalahan yang akan diteliti, yaitu sebagai berikut:
1.      Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 4 Sukaresmi Kabupaten Pandeglang?
2.      Bagaimana prestasi siswa di lingkungan sekolah?
C.      TUJUAN PENULISAN
Tujuan penelitian terhadap perumusan masalah dapat dirumuskan sebagai berikut:
a.      Untuk memenuhi salah satu tugas dari guru mata pelajaran Bahasa Indonesia.
b.        Untuk meningkatkan salah satu kemampuan menulis siswa.

  D.     MANFAAT PENULISAN

Manfaat yang ingin dicapai dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.  Menambah wawasan keilmuan penulis dalam menulis dan membuat makalah.
2. Sebagai informasi bagi para guru dan siswa tentang pengaruh dan manfaat mengikuti kegiatan ekstra kurikuler.
3.         Sebagai bahan masukan bagi pemegang kebijakan untuk menambah sarana dan prasarana yang menunjang kebiatan KBM.











BAB II
DASAR TEORI
A.     EKSTRA KURIKULER
Ekstra adalah tambahan (Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1993:264), Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan di luar jam pelajaran biasa/intrakurikuler yang dilakukan di sekolah atau pun di luar sekolah. Kegiatan ini bermaksud untuk memperluas penguasaan murid, mengenal hubungan berbagai mata pelajaran, menyalurkan bakat, minat, menunjang pencapaian tujuan institusional serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya, serta dilaksanakan secara berkala pada waktu-waktu tertentu (Depdikbud, 1993: 196).
Sedangkan pendapat lain mengatakan, bahwa kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang diselenggarakan di luar jam pelajaran yang tercantum dalam susunan program sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler berupa kegiatan pengayaan dan perbaikan yang berkaitan dengan program kurikuler, kegiatan-kegiatan untuk memantapkan pembentukan kepribadian seperti: kepramukaan, usaha kesehatan sekolah, olah raga, palang merah, kesenian, kerohanian dan lain-lain yang diselenggarakan juga dengan menggunakan waktu di luar jam pelajaran yang tercantum dalam susunan program (Depdikbud, 1993: 196).
Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler adalah suatu kegiatan di luar jam pelajaran biasa atau pada waktu liburan sekolah, yang dilakukan di sekolah atau di luar sekolah, dengan tujuan untuk memperdalam dan pemperluas pengetahuan siswa, mengenal hubungan antara berbagai mata pelajaran, penyaluran bakat dan minat serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya. Kegiatan itu seperti: kepramukaan, usaha kesehatan sekolah, olah raga, palang merah, kesenian, kerohanian dan lain-lain.

B.      PRESTASI
Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dijelaskan, bahwa “prestasi belajar adalah hasil belajar yang dicapai oleh seorang siswa dalam melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya selaku pelajar”. ( Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1996:768).
 Prestasi menurut Tabrani Rusyan, adalah  suatu bukti keberhasilan usaha yang dicapai (Tabrani Rusyan, 1993: 19), sedangkan Abin Syamsudin mengatakan, bahwa prestasi adalah sebagai kecakapan nyata atau aktual yang menunjukkan pada aspek kecakapan yang dapat dengan segera didemonstrasikan atau diuji sekarang juga Abin Syamsudin, 1990: 34).
Dari kedua pendapat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa prestasi adalah keberhasilan nyata atau aktual sebagai hasil dari suatu usaha yang dapat dengan segera diuji atau didemonstrasikan.

















BAB III
PEMBAHASAN

A.     Proses Belajar Mengajar Ekstrakurikuler
Dalam penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler sebagaimana yang diungkapkan oleh Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1.      Kegiatan ekstrakurikuler harus berorientasi pada mata pelajaran
Kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan tidak boleh lepas dengan mata pelajaran, artinya walaupun bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan itu terkait erat dengan kebutuhan lingkungan, namun tetap harus mengacu pada mata pelajaran.
2.      Susunan program pengajaran
Guru mata pelajaran dalam menyusun program pengajaran, hendaknya selain menyusun program kurikuler yang memuat meteri-materi dari suatu mata pelajaran yang akan disajikan hendaknya juga menyusun program ekstrakurikuler.
3.      Pendekatan
Pendekatan yang digunakan, yaitu:
-          Pendekatan terpadu, yaitu suatu kegiatan ekstrakurikuler mencakup/terkait dengan beberapa mata pelajaran.
-          Pendekatan mandiri, yaitu suatu kegiatan ekstrakurikuler hanya mencakup dengan satu mata pelajaran.
4.      Metode
Untuk menentukan/memilih metode kegiatan ekstrakurikuler yang tepat perlu diperhatikan/dipertimbangkan hal-hal sebagai berikut:
a.      Tujuan, dengan memperhatikan aspek afektif.
b.      Perkembangan usia siswa.
c.       Kondisi lingkungan dan waktu.
d.      Dana yang tersedia atau mungkin tersedia.
e.      Sarana yang dapat mendukung.
5.      Waktu dan Tempat
Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hendaknya memperhatikan hal-hal berikut:
a.      Waktu
-            Hari libur sekolah, nasional dan agama, sore hari setelah pulang sekolah, terutama kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat optimasi lomba, pertandingan, penjelajahan, wisata dan sejenisnya.
-            Memperhatikan kalender pendidikan.
-            Memperhatikan musim.
-            Tidak merepotkan siswa/orang tua.
b.      Tempat
Dalam memilih/menentukan tempat perlu diperhatikan:
-            Mudah dijangkau.
-            Terjamin keamanannya.
-            Memperhatikan keselamatan dan kesehatan.
-            Memperhatikan peraturan yang berlaku, termasuk adat setempat.
-            Menyenangkan.
-            Tidak menyulitkan siswa/orang tua.
6.      Dana dan sarana 
Kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat optimasi (lomba, pertandingan, penjelajahan, wisata) biasanya memerlukan dana dan sarana secara khusus. Namun banyak juga kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dilakukan secara keseharian sebagai upaya pembiasaan, misalnya memelihara kebersihan kelas, kegiatan menabung dan sejenisnya, yang semua itu relatif kurang memerlukan dana dan prasarana secara khusus. Sumber dana dan sarana kegiatan ekstrakurikuler, adalah sebagai berikut:
a.      Dana
1)      Sumber dana
-            Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
-            Daftar Isian Kegiatan/Daftar Isian Proyek (DIK/DIP) yang memungkinkan
-            Dana Pembangunan Pendidikan (DPP)
-            Dana Alokasi Umum (DAU)
-            Pendapatan Anggaran Daerah (PAD)
-            Sumber lain yang tidak mengikat
1)      Penggunaan
-            Sehemat mungkin
-            Diadministrasikan secara baik
-            Dipertanggungjawabkan
b.      Sarana
1)      Syata-syarat
-            Mudah didapat
-            Sesuai dengan kebutuhan yang diprogramkan
-            Menjamin keamanan
1.      Sumber
-            Inventaris sekolah
-            Bantuan dinas/instansi terkait
-            Pihak lain yang tidak mengikat
2.      Penggunaan
-            Diadministrasikan dengan baik
-            Diprogramkan secara baik dan sesuai dengan fungsinya
-            Dipertanggungjawabkan.

D.     Jenis Kegiatan Ekstrakurikuler

Walaupun kegiatan ekstrakurikuler lebih mengutamakan usaha pemantapan dan pembentukan kepribadian siswa berupa kegiatan-kegiatan pengembangan bakat, minat dan keterampilan serta kegiatan-kegiatan lain yang memacu siswa ke arah kemampuan mandiri, percaya diri dan kreatif, namun dalam memilih dan menentukan jenis kegiatan ekstrakurikuler harus tetap berorientasi pada mata pelajaran. Hal ini perlu dilakukan karena salah satu fungsi kegiatan ekstrakurikuler adalah mengaitkan antara pengetahuan yang diperoleh dalam program kurikuler dengan keadaan dan kebutuhan lingkungan.
Begitu pula dalam kaitannya dengan pembinaan keimanan dan ketaqwaan siswa, seorang guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dapat mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler yang mengarah pada peningkatan keimanan dan ketaqwaan siswa.
Sebagai contoh guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat mengembangkan pokok bahasan yang berkaitan dengan kehidupan sesama manusia. Dalam pokok bahasan tersebut diuraikan mengenai tanggung jawab terhadap orang miskin. Pokok bahsan ini dapat dikembangkan menjadi suatu kegiatan ektrakurikuler berupa mengumpulkan dana, atau bahan makanan atau pakaian layak pakai termasuk pakaian seragam sekolah layak pakai untuk disumbangkan kepada kaum dhuafa, fakir miskin dan lain-lain.
Penyalurannya bisa melalui yayasan, panti atau diberikan secara langsung. Dalam hal jenis pengumpulan dana, dana tersebut juga dapat diberikan dalam bentuk beasiswa kepada teman-teman sekolahnya.

E.       Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler  Terhadap Prestasi

Kegiatan ekatrakurikuler yang diselenggarakan dengan tepat dan berkesinambungan selain melatih siswa untuk terampil dalam berbagai keahlian sesuai dengan minat dan bakatnya, juga dapat meningkatkan prestasi  yang tercermin dalam perolehan piala hasil dari kejuaraan atau pertandingan, selain itu prestasi lainnya yang dapat dipupuk dari kegiatan ekstrakurikuler adalah  sikap terbuka, tenggang rasa, dan saling menghormati dalam kehidupan sekolah sangat perlu dipupuk dan dikembangkan.
Pelaksanaan program ekstrakurikuler yang terus menerus (konsisten) terutama dalam rangka optimalisasi menghadapi event-event kejuaraan atau perlombaan dapat meningkatkan kepercayaan diri individu maupun team, kekompakan team, dan rasa solidaritas yang tinggi.

BAB IV
PENUTUP
a.        KESIMPULAN
Berdasarkan uraian yang telah diberikan akhirnya penulis dapat menyimpulkan bahwa:
a.      Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan belajar tambahan yang dilaksanakan setelah pelajaran utama selesai,
b.      Ektrakurikuler dilaksanakan sebagai upaya optimasilasi kemampuan siswa terutama menghadapi event-event tertentu.

b.        SARAN
Saran yang dapat diberikan sebagai senagai akhir dari penulisan ini adalah :
a.      Untuk dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan sebaiknya siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan bakatnya,
b.      Kegiatan ekstrakurikuler harus disusun dengan tepat agar tidak mengganggu kegiatan belajar yang pokok (kurikuler)

 




DAFTAR PUSTAKA

Abin Syamsudin, Psikologi Pendidikan, (Bandung: IKIP Bandung, 1990)

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1993)

Depdiknas, Peningkatan Keimanan dan Ketaqwaan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler, (Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, 2004)

Depdikbud, Bahan Dasar Peningkatan Wawasan Kependidikan Agama Islam Sekolah Dasar, (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, 1993)

Tabrani Rusyan, Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1993)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MINDSET SEKOLAH BERMAKNA BAGI ANAK

Apa yang harus siswa siapkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan Memiliki Kompetensi pada dimensi sikap Bertakwa ...